Top Ad unit 728 × 90

Kapolres Batang

POLRES BATANG SOSIALISASIKAN KENAIKAN PNBP SKCK, MULAI JANUARI 2017


Tribratanews Polres Batang – Pemerintah pada tanggal 6 Desember 2016 telah mengundangkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan tariff atas penerimaan Negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia. PP inimenggantikan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 dan mulai berlaku setelah 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak tanggal diundangkan atau tanggal 6 Januari 2017.
Terdapat penambahan jenis PNBP yang mulai berlaku seperti tariff Pengesahan STNK, Penerbitan Nomer Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan, STRP & TNRP (lintas batas) dan Penerbitan SIM golongan C1 dan C2.
Kenaikan cukup tinggi untuk penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar derah. PP terdahulu surat mutasi ke luar daerah hanya Rp 75.000 untuk semua jenis kendaraan, sekarang tarifnya Rp 150.000 untuk kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 serta kendaraan bermotor roda 4 atau lebih mencapai Rp 250.000.
Tarif mengurus SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian berdasarkan PP 60 Tahun 2016 naik 3x lipat, semula Rp 10.000 menjadi Rp. 30.000 per penerbitan.
Hal tersebut disampaikan Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono, S.H.,S.IK.,M.Hum melalui Kasat Intelkam Polres Batang AKP Nurcholis, S.H., M.H., siang tadi saat ditemui awak media diruangan, Rabu (28/12/16).
“ Mengenai kenaikan ini, pihak Kepolisian dalam hal ini Sat Intelkam kurun waktu satu bulan akan mensosialisasikan kepada masyarakat  melalui Media Cetak, ON Line, Radio, Banner/ Spanduk maupun Jajaran Polsek dan ini sudah kami lakukan,” ujarnya.
Kenaikan tarif itu membuat harga pembuatan SKCK naik 3 kali lipat. Seperti SKCK untuk warga negara Indonesia (WNI) kini menjadi Rp 30.000. Sebelumnya Rp 10.000. Sedangkan tarif pembuatan SKCK untuk warga negara asing (WNA) atau untuk bekerja ke luar negeri (TKI), kini jadi Rp 60.000. Tadinya Rp 30.000.
“SKCK masuk ke dalam penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Makanya pembuat peraturan terkait, SKCK adalah pemerintah, sedangkan polisi hanya menjadi pintunya saja. Makanya terkait kenaikan pembuatan SKCK berdasarkan keputusan pemerintah, bukan kepolisian,” jelas Kasat Intelkam.
Sosialisasi PP Nomor 60 Tahun 2016 tersebut perlu dilaksanakan agar masyarakat nantinya tidak kaget terhadap kenaikan biaya pembuatan SKCK.
“Adanya kenaikan biaya PNBP penerbitan SKCK pada Satuan Intelkam ini tentunya akan meningkatkan jumlah Penerimaan Negara yang akan digunakan kembali oleh Pemerintah untuk pelayanan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkas Kasat Intelkam.
AKP Nurcholis menambahkan, namun persyaratan untuk pembuatan SKCK tidak mengalami perubahan, masih tetap sama seperti sebelumnya. Dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Pengantar dari Desa, Akte Kelahiran dan Pas Foto ukuran 4x6 dengan back ground warna merah sebanyak empat lembar serta rumus sidik jari. Lalu, untuk penerbitan SKCK dari Polres, juga harus melampirkan surat rekomendasi dari Polsek setempat dengan persyaratan yang sama.
“PP yang baru ini juga diberlakukan sama bagi masyarakat yang akan mengajukan masa perpanjangan SKCK. Baik persyaratannya maupun biayanya juga sama, menganut perubahan PP RI No 60 tahun 2016. Adanya kenaikan biaya PNBP penerbitan SKCK,” bebernya.
Akp Nur Cholis juga membeberkan bahwa dalam waktu dekat ini, sistem pembuatan SKCK juga akan mengalami perubahan. “Pembuatan SKCK kedepan akan kita terapkan dengan sistem on line. Terkait untuk pengisian biodata pemohon. Jadi para pemohon tidak perlu mengisi biodata di Polres, cukup dirumah saja. Namun, terkait proses pembayaran dan pengambilan sidik jari para pemohon masih diwajibkan untuk datang ke Polres setempat,” bebernya.
Untuk pemberlakuan sistem on line, Akp Nur Cholis menyampaikan akan secepatnya dilaksanakan. Karena peralatan pendukung untuk pelaksanaan sudah didatangkan dan sudah terpasang. “Dua alat sudah di datangkan dan sudah terpasang. Satu terpasang di Polres Batang dan satu terpasang di Polsek Batang. Dan tanggal 29 Desember nanti petugas akan menjalani pelatihan terkait penggunaan sistem kerja alat tersebut,” tandasnya.


POLRES BATANG SOSIALISASIKAN KENAIKAN PNBP SKCK, MULAI JANUARI 2017 Reviewed by POLRES BATANG on 12/28/2016 Rating: 5

1 comment:

All Rights Reserved by TRIBRATANEWS POLRES BATANG © 2016 - 2017
Humas Polres Batang by Polres Batang, Designed by NextGeneration

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.